-->
no fucking license
Bookmark

Cara Cek Versi PHP Pada Project Web

Bagi anda memang baru mengenal bahasa pemrograma php dan mysql mungkin dibuat bingung dengan berbagai macam versi php. karena tidak semua project web yang kalian miliki baik itu hasil download gratisan atau beli gratisan support pada semua versi php. lalu bagaimana cara cek nya? nah disini saya akan membahasa bagaimana langkah langkahnya. namun sebelum itu tak ada salahnya kita mengenal apa dulu yang disebut PHP dan MySQL

PHP Adalah bahasa scripting server-side, Bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan situs web statis atau situs web dinamis atau aplikasi Web. PHP singkatan dari Hypertext Pre-processor, yang sebelumnya disebut Personal Home Pages. Script sendiri merupakan sekumpulan instruksi pemrograman yang ditafsirkan pada saat runtime. Sedangkan Bahasa scripting adalah bahasa yang menafsirkan skrip saat runtime. Dan biasanya tertanam ke dalam lingkungan perangkat lunak lain.
Karena php merupakan scripting server-side maka jenis bahasa pemrograman ini nantinya script/program tersebut akan dijalankan/diproses oleh server. Berbeda dengan javascript yang client-side. PHP adalah bahasa pemrograman umum yang berarti php dapat disematkan ke dalam kode HTML, atau dapat digunakan dalam kombinasi dengan berbagai sistem templat web, sistem manajemen konten web, dan kerangka kerja web.

MySQL adalah sebuah database management system (manajemen basis data) menggunakan perintah dasar SQL (Structured Query Language) yang cukup terkenal. Database management system (DBMS) MySQL multi pengguna dan multi alur ini sudah dipakai lebih dari 6 juta pengguna di seluruh dunia.
MySQL adalah DBMS yang open source dengan dua bentuk lisensi, yaitu Free Software (perangkat lunak bebas) dan Shareware (perangkat lunak berpemilik yang penggunaannya terbatas).
Jadi, MySQL adalah database server yang gratis dengan lisensi GNU General Public License (GPL) sehingga dapat Anda pakai untuk keperluan pribadi atau komersil tanpa harus membayar lisensi yang ada.

Setalah kita mengenal apa itu PHP dan MySQL nah kita mulai masuk ke bagian inti mengenai Cara Cek Versi PHP Pada Project Web silahkan ikuti langkah di bawah ini :
  • Silahkan cari database dari project yang kalian ingin ketahui versi php nya, biasanya berformat .sql
  • Klik kanan pada database .sql tersebut, openwith Notepad. dan carilah tulisan Versi PHP
  • Maka itulah versi PHP yang digunakan pada project tersebut.

Jika anda bingung dengan tampilan acak acakan pada notepad anda bisa menggunakan tools code edtior lain diantaranya rekomendasi saya adalah :
  • Notepad++
  • Visual Studio Code
  • Sublime Text editor
Silahkan dipilih salah satu tools diatas, jika ingin ringan bisa menggunakan Notepad++. nah itulah tutorial Cara Cek Versi PHP Pada Project Web, semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda
Posting Komentar

Posting Komentar